4 Cara Memilih Mesin Kopi Buat di Rumah

 


Mesin kopi saat ini menjadi salah satu elektronik dapur yang menurut kami wajib ada di dapur kalian. Dimana kalian bisa membuat kopi espresso dengan kualitas café di rumah masing-masing. Mengingat banyak orang di Indonesia yang menyukai olahan kopi ini dan ingin menikmatinya setiap saat mereka ingin bersantai.

Merk mesin kopi terutama untuk mengolah espresso sangat banyak. Meliputi Breville, dan juga Nescafe Dolce Gusto. Namun perlu kalian pahami yaa, memilih mesin kopi espresso kamu tidak boleh sembarangan. Karena setiap merk mempunyai fiturnya masing-masing dan harus kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Nah kali ini kita akan membagikan kepada kalian bagaimana cara memilih mesin kopi untuk bisa kamu pakai di rumah.

Beberapa Metode Pemilihan Mesin Kopi Espresso

Bisa menikmati kopi buatan sendiri ketika di rumah dengan sajian special meruapakan previlage tersendiri. Apalagi jika kamu sedang ingin bersantai sambil membaca buku, sajian kopi menjadi menu yang tepat sebagai pilihan. Namun menyajikan kopi dengan cara diseduh dengan air panas tentunya merupakan cara biasa dan terkadang kamu ingin mencoba rasa kenikmatan yang lain. Yapp salah satunya kamu bisa menggunakan mesin kopi untuk membuat sajian kopi menjadi lebih spesial. Berikut ini beberapa cara memilih mesin kopi agar kamu bisa menggunakannya ketika di rumah.

·        Tingkat Kepraktisan

Saat kamu akan memilih mesin kopi, ada baiknya mempertimbangkan kepraktisannya. Kemudian bagaiman rasa khas yang akan kamu dapatkan, dan juga biaya operasionalnya. Nah mesin kopi espresso sendiri mempunyai tiga macam tipe. Diantaranya ada superotomatis, lalu semiotomatis, dan juga yang otomatis. Dimana ketiganya mempunyai fitur yang berbeda sehingga perlu kamu sesuaikan dengan apa yang kamu inginkan.

Superotomatis meruapakan tipe mesin kopi yang menghasilkan sajian espresso dengan aroma kuat. Dimana kamu hanya perlu menaruh biji atau bubuk kopi ke dalam chamber yang tersedia. Selanjutnya tugas mesin inilah untuk mengolahnya hingga menjadi ekstraksi kopi yang pekat.

Semiotomatis merupakan tipe yang kedua dimana kita bisa akan merasakan sensasi bagaimana meracik kopi seperti barista. Kamu perlu meratakan bubuk kopi dalam sebuah wadah yang disebut portafilter. Saat menaruh kopi di wadah tersebut kamu juga perlu memadatkan dan meratakannya untuk bisa lanjut ke proses selanjutnya. Portafilter harus kamu masukkan ke dalam mesin kopi espressor tersebut untuk proses ekstraksi menjadi espresso. Nah mesin tipe ini ada yang bisa mengekstraksi kopi dengan otomatis namun ada pula yang butuh penarikan tuas (manual). Dengan mesin ini tentunya proses membuat kopi akan berlangsung lebih detail dan menyenangkan.

Otomatis merupakan mesin kopi ekspresso yang butuh sedikit usaha dan waktu yaa, cocok untuk kamu yang butuh mesin praktis. Dengan mesin ini bubuk kopi telah tersaji dalam bentuk kapsul sehingga akan meminimkan bubuk kopi yang tercecer. Untuk mendapatkan mesin ini memang kamu harus menyiapkan budget yang lebih mahal yaa daripada tipe yang lain.

·        Spesifikasi Produk

Mesin pembuat kopi mempunyai spesifikasi produk yang berbeda di setiap merk. Oleh karena itu sebelum kamu membelinya kamu perlu berlajar cara memilih mesin kopi yang tepat. Diantaranya kamu harus memilih mesin yang mempunyai tekanan ekstraksi hingga 9 bar guna menghasilkan ekstrak kopi yang terbaik. Kemudian pilihlah berdasarka kapasitas orang yang akan kamu sajikan espresso dan seberapa sering menggunakannya. Lalu cek pula bagaimana kamu harus membersihkannya dan bagaimana kamu merawatnya. Jika mudah maka kamu bisa memilih mesin kopi tersebut.

·        Fitur

Saat akan membeli mesin kopi pastikan fitur yang kamu cari ada di mesin tersebut. Memilih mesin kopi haruslah yang mudah kamu operasikan dan nyaman saat kamu gunakan. Nah jika kamu ingin membuat bermacam-macam espresso favoritmu maka kamu harus memilih mesin yang mempunyai fungsi pengaturan. Selanjutnya pilih yang mempunyai fitur milk frother sehingga kamu bisa membuat caffee latte dan juga cappuccino sendiri.

·        Harga

Harga juga menjadi poin penting saat kamu memilih mesin kopi yaa. Dimana kamu harus menyesuaikan antara harga beli dengan fitur yang kamu peroleh dan kebutuhanmu. Mesin pembuat kopi espresso dibanderol mulai dari harga 1,5jt hingga 15jt-an sehingga kamu harus sesuaikan mana yang paling kamu suka dan kamu butuhkan.Temukan informasi menarik disini.

Nah setelah kamu mengetahui beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih mesin kopi. Maka kamu bisa memilih mana yang lebih menguntungkan kamu dan bisa kamu beli. Cara memilih mesin kopi di atas bisa kamu jadikan panduan sebelum menjatuhkan pilihan pada merk mesin kopi yang ada di pasaran.

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Memilih Mesin Kopi Buat di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel