4 Pilihan Investasi Bagi Anda Yang Memiliki Rp. 1 Juta

 

investasi online

Investasi saat ini merupakan topik tren di kalangan masyarakat Indonesia. Itu karena semakin mudah untuk mendapatkan informasi terkait investasi. Meski begitu, masih banyak yang tidak mengerti pasti apa investasi dan jenis ini. Bahkan, kadang-kadang orang bingung berinvestasi ketika mereka memiliki Rp. 1 juta uang tunai.

Sebab, uang itu dianggap terlalu sedikit untuk memulai investasi. Jadi, banyak di antaranya lebih suka hanya untuk menimbun uang terlebih dahulu memulai investasi. Bahkan, saat ini ada banyak jenis investasi online yang dapat dimulai tanpa harus membutuhkan modal awal yang besar. Bahkan, dengan IDR 50.000, Anda dapat berinvestasi.

Ini adalah jenis investasi yang dapat Anda pilih ketika Anda memiliki Rp. 1 juta selain untuk menyetor deposito.

Saham

Banyak yang berpikir bahwa investasi saham dapat dilakukan oleh perusahaan atau pengusaha kaya karena harus menyimpan dana hingga puluhan juta. Namun, ada banyak institusi atau platform yang membantu Anda memulai investasi dalam saham dengan modal Rp. 100 ribu. Karena itu, bagi Anda yang memiliki modal Rp. 1 juta, cukup untuk digunakan untuk mulai berinvestasi dalam saham.

Sebelum memulai stok utama, Anda harus membuat akun akun terlebih dahulu. Membuat rekening efek dapat dilakukan di bank sekuritas seperti BNI SEKURITAS, MANDIRI SEKURITAS, MNC Securities, dan sebagainya. Bagi mereka yang sibuk, Anda juga dapat membuat akun sekuritas secara online. Selain itu mudah, pendaftaran online juga tidak butuh waktu lama.

Reksa dana

Reksa dana adalah jenis investasi di mana uang disimpan dan dikelola oleh manajer investasi atau manajer investasi. Setiap lembaga memberikan penghematan reksa dana nominal yang berbeda. Namun, sebagian besar dari Anda memiliki cukup untuk memberikan nominal minimum di bawah Rp. 1 juta. Selain itu, ada banyak platform online yang membantu Anda untuk investasi reksa dana.

Reksa dana memiliki empat jenis, yaitu dana pendanaan bersama, reksa dana, reksadana pasar uang, dan reksadana campuran. Setiap reksa dana memiliki risiko dan laba sendiri. Jadi ketika memilih investasi reksa dana ini Anda harus pintar untuk memilih jenis yang diinginkan. Dan apa yang perlu diingat adalah semakin besar investasi dengan semakin tinggi kerugian dan laba.

Emas

Investasi selanjutnya yang dapat dilakukan dengan modal Rp. 1 juta adalah investasi emas. Meskipun laba cukup kecil, investasi emas ini memiliki risiko kerugian yang rendah. Selain itu, harga emas juga stabil dan cenderung naik sehingga dapat menjadi jenis investasi yang aman.

Peer to peer (p2p) Lending

Peer to peer (P2P) pinjaman adalah jenis investasi selain yang sudah disebutkan di atas bagi Anda yang memiliki modal Rp. 1 juta. Melalui P2P Lending, Anda akan memberikan pinjaman kepada orang atau institusi lain dan kemudian Anda akan mendapatkan hasil yang layak.

Saat ini, ada banyak platform P2P Lending di Indonesia. Meski begitu, Anda harus berhati-hati ketika memilih platform yang ada. Karena, saat ini masih ada banyak platform ilegal dan tidak sesuai dengan peraturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai investasi umkm syariah atau dana dalam P2P Lending, Anda dapat memilih Amartha. Tidak perlu khawatir, Amartha P2P Lending yang paling bermanfaat saat ini terdaftar dengan OJK LOH. Selain itu, Amartha memiliki misi untuk menumbuhkan ekonomi yang lebih inklusif melalui Pemberdayaan UMKM.

Investasi Laba 15% dari 1 juta CEO Amartha UMKM

PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), sebagai perusahaan teknologi keuangan yang berfokus pada mendistribusikan modal bisnis untuk UMKM, telah berhasil menjangkau satu juta pengusaha mikro wanita di daerah pedesaan melalui akses modal, dengan mempertahankan kualitas pinjaman yang sangat baik sebagaimana dibuktikan dengan perolehan stabil. NPL di bawah 0,5% sejak Juni 2020.

Prestasi ini adalah hasil kolaborasi dengan banyak pihak, mulai dari penyandang dana kelembagaan dari sektor perbankan, hingga individu yang telah mendistribusikan dana mereka melalui Amartha.

Untuk pencapaian ini, Amartha meluncurkan CEO UMKM #100RibuSejutaPeluang, kampanye yang berisi undangan ke Millennial untuk mendukung pertumbuhan perempuan melalui pendanaan di Amartha. Untuk mempercepat keterlibatan milenium, Amartha menyediakan fitur crowdfunding, fitur yang memungkinkan pelampung untuk menyediakan modal bisnis dari 100 ribu rupiah kepada mitra UMKM.

Nah, itu semacam investasi bagi Anda yang memiliki uang sebesar Rp. 1 juta. Mari kita segera mulai berinvestasi untuk masa depan yang lebih baik.

 


Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "4 Pilihan Investasi Bagi Anda Yang Memiliki Rp. 1 Juta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel