Mudahnya Mencari Suatu Hal di Internet

 

cek internet

Seiring dengan perkembangan teknologi, berpengaruh juga terhadap pola tingkah laku manusia. Misalnya, jika dulu ketika ingin mencari informasi akan sesuatu, orang kan bertanya pada seseorang yang mungkin mengetahui ataupun ke perpustakaan untuk mendapatkan referensi. Kini aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan satu klik dengan sambungan internet.

Dengan adanya kemajuan teknologi dan kemajuan internet, orang-orang bisa mendapatkan referensi dengan mudah, yakni cukup mencari di search engine. Tapi kamu tahu tidak ada cara cek internet yang disebut Lifehack, berikut penggunaannya.

Menggunakan kata Site: untuk menelusuri sebuah kata di sebuah situs web.

Penggunaan kata "Site:" sangat membantu Anda untuk mencari kata atau frasa dalam sebuah situs web.

Misalnya Anda ingin mengetahui sebuah informasi tentang kebakaran di liputan6.com, Anda bisa menulisnya di kolom pencarian google dengan cara mengetikkan "Site:liputan6.com kebakaran".

Nantinya, Google akan langsung menunjukkan hasil pencarian yang berkaitan dengan informasi seputar kebakaran di situs liputan6.com

Cara menemukan situs web serupa

Apabila Anda ingin mencari situs yang juga mengupas atau membahas topik yang sama, Anda bisa menuliskan "Related:nama situs"

Kemudian, Google akan menampilkan beberapa situs yang mirip dengan situs yang Anda tulis pada hasil pencariannya. Misalnya, "Related:Kompas.com"

Gunakan tanda bintang (*) untuk mencari kata atau frase yang tidak Anda ingat

Penggunaan tanda bintang (asterisk) pada pencarian Google akan membantu Anda untuk menemukan frase atau kata yang terlupakan.

Google akan menanggapi tanda bintang itu sebagai kata yang harus diisi dengan hasil yang paling relevan. Jadi, apabila Anda lupa satu kata pada sebuah ucapan, Anda bisa menambahkan simbol tersebut untuk menemukan frasa yang ingin Anda temukan di Google.

Misalnya, Anda ingin menemukan narasi lengkap dari frasa atau tagline "Jernih Melihat Dunia" namun Anda lupa dengan kata "Dunia" dalam frasa tersebut. Anda bisa menulisnya di kolom pencarian dengan cara menulis "Jernih melihat * ", tanpa tanda petik.

Dan Lifehack ini bisa digunakan pada berbagai Search Engine.

·        Google

·        DuckDuckGo

·        Bing ( www.bing.com )

·        Yahoo! ( www.yahoo.com )

·        Ask ( www.ask.com )

Azza Blog Pengajar di MI Muhammadiyah 1 Plabuhanrejo

Belum ada Komentar untuk "Mudahnya Mencari Suatu Hal di Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel